TAMAN BACA KEMBANGKAN DAYA PIKIR KITA

     Taman baca jangan dipandang sebelah mata di era digital ini, sebaliknya harus menjadi pilihan dan keputusan yang penting buat otak kita untuk sellau melatih otak dan mata kita untuk bekerja sehingga otak dan mata serta pikiran kita akan terbiasa berlatih memaxsimalkan fungsinya sehingga akan dapat menghasilkan pemikiran, ide dan kreatifitas dalam setiap sisi kehidupan kita apakah kita sebagai pelajar, mahasiswa, pekerja dan berbagai bidang aktifitas lainnya.

        Mata kita melihat dan membaca tulisan, hurus atau simbol-simbol dan berbagai gambar yang ada di hadapan kita selanjutnya menterjemahkan ke dalam otak kita dan mempengaruhi pikiran kita untuk kmengambil langkah-langkah yang diperlukan. Proses itu terus menerus terjadi dan berputar lagi di setiap harinya secara konsisten meski dengan jenis kreatifitas yang berbeda-beda. Maka akan terjadi kegiatan secara rutinitas yang pada akhirnya akan menjadi suatu kebiasaan yang selalu merangsang otak kita untuk berpikir dan ini akan sangat baik untuk otak kita sehingga jika sewaktu-waktu dituntut untuk berpikir otak kita tidak kaget lagi karena sudah terbiasa.

        Membiasakan sebuah kebiasaan memang sangat sulit dan penuh perjuangan karena harus sedikit memaksa agar dapat terus berlanjut dengan baik dan menjadi rutunitas yang berjalan dengan sendirinya tanpa merasa terpaksa. Pada akhirnya tidak hanya menjadi rutinitas yang berjalan dengan sednirinya tetapi akan menjadi sebuah kegiatan yang akan selalu kita rindukan  karena kita merasa kehilangan jika tidak melakukannya.


        Kebiasaan membaca tersebut akan mendapatkan hasil yang luar biasa jika kita lakukan dengan rutin dan terus menerus. Kegiatan tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan yang konsisten jika di rumah kita atau di tempat kita tinggal tersebut tersedia sebuah pojok baca dimana disana tersedia beberapa bahan baca meski hanya sebuah buku kecil. Kita harus membiasakan menyiapkan bahan baca di sekitar tempat kita berada. Misal di ruang tamu dimana kita selalu duduk disana dan menatap layar hp maka luangkan waktu sejenak untuk meraih buku yang ada dimeja di dekat kita duduk. Atau di teras rumah kita dimana kita sering duduk-duduk baik sendiri atau bersama keluarga maka luangkan waktu kita sejenak di sela-sela kita ngobrol bersama keluarga atau orang lain untuk sedikit emmanjakan mata kita dengan membaca buku. Mungkin bisa juga di samping tempat tidur kita sehingga sejenak sebelum kita memejamkan mata kita bisa membuat adem mata kita dari sengatan panasnya hp kita dengan membaca sebelum menutup mata melewati malam yang tenang.



        Selama ini kita semua hanya fokus kepada hp kita untuk menyelesaikan semua masalah kita, mencari segala sesuatu dengan sekali klik, maka otak dan pikiran kiat tidak terlatih untuk berpikir dahulu sambil mencari solusi dengan membaca-baca bahan baca maka akibatnya kita sering mendapatkan sebuah jawaban tidak secara keseluruhan namun hanya mengambil plot-plot penting yang kita dapatkan dari penelusuran di gadged kita. Itupun tidak akan kita ambil secara keseluruhan padahal kita sudah mendapatkan jawabannya dari hp secara cukup keseluruhan, jadi kebiasaan buruk kita adalah mengambil jawaban dari sebuah permasalahan hanya sekelumit yang berarti hal tersebut tidak memberi jawaban secara keseluruhan dan akhirnya bisa menyebabkan salah pengertian bagi yang menerimanya.

        Mari kita biasakan membaca untuk kesehatan mata dan otak serta pikiran kita agar otak kita terlatih untuk melakukan kegiatan berpikir yang baik. harus kita ingat kesehatan organ tubuh kita sangat penting untuk kita jaga dan kita rawat agar mampu bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

 


Comments

Popular posts from this blog

AYO MERINTIS TAMAN BACA DI TENGAH MASYARAKAT

TAMAN BACA MEDAN PERJUANGAN

IDE MENGIRIM KARYA KE PAK JOKOWI