TAMAN BACA MOMENT LEGENDARIS

             Taman baca ada sejak dulu kala, sejak nabi-nabi, dan sejak jaman romawi dan sejak jaman periode kapanpun atau siapapun selalu ada taman baca. Taman baca menjadi primadona dan menjadi tempat yang sangat dilindungi karena menyimpan banyak ilmu pengetahuan. Dimasa itu taman baca adalah satu-satunya tempat untuk menyimpan ilmu sebelum adanya penyimpanan canggih seperti sekarang, dimana ilmu bisa diubah ke dalam bentuk digital. 

            Taman baca adalah tempat disimpannya berbagai penemuan baik yang lama maupun terbaru yang selanjutnya dipublikasikan kepada masyarakat umum. Taman baca memegang peranan penting dalam mentranfer ilmu pengetahuan dari penemunya kepada masyarakat banyak dan juga menjadi saksi perkembangan ilmu pengetahuan dari masa ke masa yang pada akhirnya mampu merubah tingkat peradapan dunia.

        Taman baca dari masa ke masa menjadi kunci perubahan jaman yang tiada siapapun dapat menyangka akan berubahan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang berpuluh-puluh tahun kemudian. Siapa yang mengira kalau sekarang ini akan terjadi perubahan sperti yang kita rasakan seperti sekarang ini. 


            Ketika suatu waktu dimasa lampau terjadi ide-ide dan suatu penemuan yang dianggap mustahil akan bisa terwujud dimasa yang akan datang. Tetapi para ilmuwan pada jamannya terus berupaya menggali dan menggali berbagai ilmu dari ilmuwan lainnya baik yang masih baru maupun penemuan dan ide ilmuwan lainnya pada masa lampau yang digabung-gabungkan untuk saling mendukung untuk memujudkan apa yang diyakininya akan bisa diwujudkan.

            Dimanakah para ilmuwan itu memperoleh bahan-bahan dari ilmuwan lain untuk mendukung ide dan gagasannya yang mungkin usia penemuan ilmuwan lainnya tersebut sudah bertahun-tahun dan bahkan mungkin tidak tidak sejaman dengan dirinya. Maka semua itu tidak akan bisa diwujudkan jika waktu itu tidak ada ide manusia lainnya untuk mengumpulkan bahan baca tersebut dalam sebuah tempat yang terlindung dan terjaga agar informasi tersebut dapat selamat dan selanjutnya akan bermanfaat buat generasi selanjutnya serta tidak mengalami kerusakan agar dapat dimanfaatkan untuk masa yang panjang. Tempat tersebut kemudian disebut dengan perpustakaan atau taman baca yang 

            Pada waktu yang serba terbatas muncul berbagai kekwatiran dari berbagai pihak bagaimana jika suatu hari nanti kertas tersebut rusak oleh tangan manusia maupun oleh sebab lain misal hewan atau sebab alam berupa bencana(banjir, angin besar) serta faktor-faktor lain yang mungkin saja malah disebabkan oleh amnusia sendiri.tersebut munculah ide-ide agar informasi yang dalam bentuk kertas tersebut bisa bertahan la


            Seiring berjalannya waktu munc berbagai ide dan gagasan bahwa bahan informasi dari kertas tersebut harus mendapat perhatian yang lebih baik agar kelak dapat dinikmati olek anak cucu kita. Pertama-taman salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menggandakan bahan informasi tersebut ke dalam bentuk yang lebih banyak dengan harapan jika rusak atau hilang satu masih ada yang lainnya dan juga supaya bentuk aslinya tetap tersimpan dan terhindar dari tingkat kerusakan dengan memberikan bahan informasi duplikatnya kepada masyarakat untuk dipelajari atau untuk sekedar dibaca sebagai ilmu pengetahuan.

            Semua perubahan jaman tidak luput dari peran besar sebuah taman baca atau perpustakaan yang menjadi saksi dan kunci dari perkembangan ilmu pengetahuan. 

Comments

Popular posts from this blog

AYO MERINTIS TAMAN BACA DI TENGAH MASYARAKAT

TAMAN BACA MEDAN PERJUANGAN

IDE MENGIRIM KARYA KE PAK JOKOWI