TAMAN BACA DI TENGAH KECANGGIHAN TEKNOLOGI DAN ILMU PENGETAHUAN

            Berbagai jalan, cara harus kitab lakukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat sampai ke level manapun harus kita susupkan bahan baca baik berupa bahan baca manual seperti buku atau lainnya lebih-lebih bahan baca milenial berupa bahan baca electronik yang sekarang ini terus berkembang pesat hanya dalam hitungan detik sebuah berita sudah bisa diakses oleh semua orang. Berbagai solusi harus kita cari agar semua masyarakat melek informasi dengan sarana dan prasarana sesuai situasi dan kondisi dan disesuaikan dengan kemampuan serta tingkat pendidikan masyarakat.
            Kemampuan harus disesuaikan intinya adalah ketika kemampuan masyarakat setempat adalah dari golongan biasa-biasa saja atau golongan menengah ke bawah maka kita berusaha memberikan informasi dengan cara yang dapat di terima dengan sederhana dan dapat diakses dengan sarana yang dimiliki oleh masyarakat. Meskipun sekarang ini kata orang semua orang sudah pegang gadget tetapi kenyataannya masih banyak orang yang tidak memiliki sarana tersebut sehingga sebuah informasi hanya dilihat melalui televisi yang notabene belum tentu dilihat beritanya karena harus bersaing dengan berbagai hiburan dan juga berebut dengan sesama anggota keluarga ketika menonton. Hal selanjutnya adalah sebuah masalah yang dialami oleh masyarakat golongan menengah ke bawah adalah kemampuan dalam mengoperasikan sebuah perangkat modern sangat rendah dikarenakan tingkat pendidikan yang juga rendah. 

            Kalaupun mereka mempunyai sebuah perangkat yang modern mereka hanya menggunakannya untuk keperluan komunikasi sederhana dan hanya untuk menonton hiburan beraneka bentuk yang tersedia di gadget. Sangat jarang mereka menggunakannya untuk keperluan bekerja atau mendukung bisnis. Mereka hanya memiliki kemampuan sampai ditingkat itu, yang mereka tahu sebatas keperluan komunikasi sederhana dan menonton hiburan saja bahkan untuk login ke akun tertentu mereka kebingungan sehingga untuk berpartisipasi ke dalam sebuah konten hiburan mereka tidak bisa. Mereka benar-benar hanya menjadi penonton saja tanpa peran aktif dalam sebuah tontonan yang ada.
            Secanggih apapun sebuah teknologi didatangkan dari luar negeri ke dalam negeri kita tidak akan berarti apa-apa jika kemampuan masyarakat kita rendah dalam pengetahuan dan pengetahuan ini hanya akan diperoleh melalui pendidikan-pendidikan baik pendidikan formal maupun non formal melalui pelatihan-pelatihan, bimtek, atau melalui pertemuan-pertemuan sederhana guna mensosialisasikan penggunaan alat tersebut. Penerimaan dan pemahaman yang baik dan cepat tanggap hanya akan di dapatkan oleh orang-orang yang mempunyai basik pendidikan yang cukup sebaliknya sebuah bimbingan dan pengarahan tidak akan berati apa-apa jika disampaikan kepada masyarakat yang notabene berkemampuan intelek rendah. 
            Oleh karena itu yang pertama-tama harus dibenahi adalah pendidikan masyarakat, serendah-rendahnya yang harus diberikan adalah bagaimana mengakses sebuah informasi dengan sarana yang ada secara cepat dan tanggap secara bijaksana. Kemudian harus dibagi juga menjadi klaster-klaster tersendiri guna memudahkan penyampaiannya yang memang harus dibedakan bagaimana menyampaikan kepada masyarakat yang mempunyai pendidikan tinggi, sedang atau rendah. hal ini diperlukan sebab masyarakat dengan tingkat pendidikan rendah tentu akan kesulitan jika harus menerima sebuah pengarahan dengan cara sebagaimana disampaikan kepada orang dengan pendidikan yang cukup. Demikian juga orang-orang dengan tingkat pendidikan tinggi tentu akan berbeda dalam cara penerimaan dan penyampaian sebuah materi dikarenakan tingkat intelek mereka cukup sehingga mampu cepat tanggap dalam menerima sebuah bimbingan dan pengarahan. 
            Satu hal yang harus menjadi pemikiran kita bersama adalah rendahnya kesadaran kita bersama untuk menyediakan bimbingan rutin dan gratis untuk sedikit demi sedikit meningkatkan pengetahuan masyarakat kita terhadap pengetahuan baru.Sedangkan bagi masyarakt juga rendahnya tingkat kesadaran untuk mengikuti jenis-jenis pelatihan dan bimbingan agar dapat memperoleh informasi-informasi yang baru dan mendukung kegiatan masyarakat. Biasanya yang hadir ya orang-orang yang sama maka menjadi pekerjaan rumah bagi kita untuk menanamkan kesadaran dalam masyarakat tentang pentingnya mengikuti perkembangan jaman dengan informasi terupdate agar dapat memanfaatkan berbagai manfaat untuk mendukung kehidupan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat dan dalam meningkatkan taraf hidup ke arah yang lebih baik.
           Maka peran sebuah taman baca disini dituntut untuk dapat membantu sesuai kondisi yang ada untuk mendekatkan sedekat mungkin bahan baca dengan cara-cara ramah lingkungan karena taman baca terletak berdekatan dengan masyarakat. Sekecil apapun informasi yang di dapat oleh masyarakat berkat turut sertanya taman baca yang berperan aktif akan sangat membantu terwujudnya masyarakat yang cerdas informasi. Mari cerdaskan masyarakat mulai dari diri kita dengan menjadi masyarakat yang merasa ikut bertanggungjawab terhadap pentingnya informasi bagi kemajuan masyarakat. Taman Baca Cerdas Desa Wringinagung berupaya semampunya dengan peran yang kecil penuh manfaat.

Comments

Popular posts from this blog

AYO MERINTIS TAMAN BACA DI TENGAH MASYARAKAT

TAMAN BACA MEDAN PERJUANGAN

IDE MENGIRIM KARYA KE PAK JOKOWI