TAMAN BACA KHUSUS

Taman baca khusus adalah taman baca yang memberikan pelayanan secara khusus mengenai bidang tertentu di suatu tempat, misalnya sebuah instansi, lembaga, tempat ibadah atau komunitas tertentu. Di taman baca seperti ini biasanya menyediakan bahan baca untuk kepentingan suatu tempat tersebut misalnya untuk dinas peternakan makan menyediakan bahan baca berupa koleksi-koleksi dari bidang peternakan guna mendukung kegiatan yang ada pada dinas terkait yang menaunginya.

Taman baca yang secara khusus ini memang lebih spesifik menyediakan apa yang dibutuhkan di dinas tersebut sehingga lebih tepat sasaran dapat membantu segala kegiatan yang ada di dinas tersebut. Banyak sekali pojok-pojok baca bisa kita lihat di dinas-dinas atau di tempat lain guna mendukung kepentingan kegiatan di tempat tersebut.

Banyak juga pojok-pojok baca di masjid-masjid atau tempat ibadah lainnya yang tentu saja berisi bahan baca untuk kepentingan ibadah umat yang bersangkutan. Di suatu masjid sering kita lihat buku-buku agama islam di sebuah rak kecil dengan tampilan sederhana dan juga biasanya berdampingan dengan alat-alat ibadah misal buku-buku yasin, tasbih atau kitab-kitab lain yang sengaja disediakan agar dibaca oleh para jamaah.


Sangat relevan dan sangat mendukung untuk kepentingan komunitasnya, itulah taman baca atau pojok baca khusus. Khusus dalam arti hanya mampu menyediakan kebutuhan dari komunitasnya tersebut karena berbagai keterbatasan tempat, dana, tenaga, dan lain sebagaianya. Karena jika ingin menyediakan untuk komunitas yang lebih luas maka akan terkendala dalam berbagai bidang baik pendanaan, tenaga, dan juga tempatnya yang terbatas, dan untuk kepentingan komunitas yang lebih luas hanya bisa disediakan oleh dinas terkait yaitu dinas perpustakaan daerah yang memang bertugas menyediakan berbagai kebutuhan informasi dari berbagai kalangan dengan tingkat kebutuhan yang beranekaragam yang tentu saja membutuhkan berbagai fasilitas yang luar biasa besar untuk menyediakan tempat yang luas, tenaga yang kompeten, bahan baca yang banyak dan komplit serta sarana dan prasarana yang mendukung agar pengunjung datang dan betah berkunjung serta mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan.


Pengunjung taman baca atau pojok baca khusus tidak hanya datang dari pegawai atau karyawanan yang ada dalam dinas tersebut, banyak juga pengunjung luar yang kebetulan mengurus kepentingan di dinas tersebut menjadi pembaca ketika sambil menunggu antrian  atau sambil melepas lelah kemudian orang-orang tersebut sejenak membaca koran, majalah, atau buku-buku lainnya yang ada di rak pojok baca. Dari situ kita mengambil kesimpulan bahwa taman baca khusus atau pojok baca khusus tidak hanya dibutuhkan oleh pegawai atau staff karyawan di dinas tersebut tetapi banyak sekali orang luar instansi tersenut yang memanfaatkan bahan baca tersebut meski pada awalanya karena sambil menunggu tetapi yang penting telah mendapatkan manfaat dari koleksi yang ada di sana baik karena keterpaksaan sambil menunggu waktu ataupun karena sukarela memang mau membaca karena tertarik melihat koleksi yang ada di sana.

Maka taman baca khusus atau pojok baca khusus jangan hanya menyediakan koleksi bahan baca secara terbatas untuk kalangan sendiri tetapi harus menyediakan berbagai koleksi lainnya sepanjang dan sebanyak kebutuhan manusia karena karena kita tidak bisa mengukur kebutuhan orang-orang yang sewaktu-waktu bisa datang ke tempat tersebut sambil menyelesaikan sebuah kepentingan.  Dan itu berlangsung setiap hari bukan hanya sehari dua hari, maka dibutuhkan banyak sekali bahan baca yang disediakan di pojok baca khusus atau taman baca khusus.

Comments

Popular posts from this blog

AYO MERINTIS TAMAN BACA DI TENGAH MASYARAKAT

TAMAN BACA MEDAN PERJUANGAN

IDE MENGIRIM KARYA KE PAK JOKOWI