FENOMENA SEBUAH TBM


Kunjungan di TBM selalu mengalami kendala untuk meningkatkan jumlah, mengingat sarana dan prasarana lain yang tidak mendukung karena ketiadaan  dana dari sumber manapun. Maka sudah pasti pembaca sering berasa jemu dengan koleksi itu-itu saja yang sudah dilihatnya bertahun-tahun. Hal ini bisa dimaklumi karena biasanya seseorang yang menyukai bidang tertentu hanya mencari buku sesuai bidang tersebut, sangat jarang dia mau melihat koleksi lainnya paling-paling hanya sebagai selingan yang pada akhirnya dia akan kembali ke tujuan semula yaitu mencari buku sesuai bidang yang diminati.
Jadi sangat penting orang tersebut melihat penampilan terbaru dari topik yang sama dengan pembahasan yang berbeda dan ditulis oleh penulis yang berbeda, agar mendapat ilmu baru yang tidak didapat dari buku sebelumnya.https://tamanbacacerdas.blogspot.com/2019/07/pesan-untuk-subardi.html
Sementara bagi anak-anak sebagai pembaca rutin yang setiap harinya masih dalam taraf dunia bermain, akan lebih merasakan kebosanan yang luar biasa dengan koleksi yang itu-itu saja berupa buku-buku dengan tulisan dan sedikit gambar.
Maka sangat penting penyampaian segala ilmu melalui media di dalam TBM sebagaimana yang didapat di sekolah-sekolah modern berbasis teknologi. Melalui kegiatan menonton bersama, melakukan penyelidikan dan pengamatan secara langsung dengan melibatkan kondisi dan situasi lingkungan sekitar. Dengan demikian maka tranfers ilmu tersebut akan memperoleh hasil yang lebih dari kegiatan membuka buku karena belum tentu si anak membaca pada saat mengambil buku. Maka sangat penting memberi terobosan baru sabagai cara untuk membuat anak cinta buku, misalnya mengharuskan anak mencatatkan namanya di balik buku yang dibacanya serta memberi sedikit catatn dari apa yang diperoleh dari bacaan tersebut, dengan tujuan anak merasa bangga sudah pernah membaca buku tersebut dengan bukti memberi catatan beberapa kalimat  di buku itu. Cara lain yang bisa di tempuh adalah mari bersama-sama merubah penampilan buku agar lebih menarik bagi anak, misalnya dengan menyediakan halaman kosong yang boleh diberi ilustrasi oleh anak setelah membaca apa yang dideskripsikan penulis.
KAK INDAH MAHASISWA UNNES PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Cara yang membutuhkan biaya mahal adalah dengan menyediakan sarana baik berupa gedung, rak, koleksi yang banyak dan tempat membaca yang leluasa serta peralatan TIK yang lengkap agar sebuah TBM atau perpustakaan dapat berfungsi dengan maksimal. Satu kelengkapan yang sangat penting adalah dengan adanya SDM yang mumpuni agar dapat melaksanakan tugas dan fungsi saranan belajar tersebut, yang dalam melaksanakan tugasnya mendapat perhatian dan tunjangan kesejahteraan dari pemerintah sebagai salah satu cara ikut meningkatkan dan mensukseskan pendidikan nasional.

Taman bacaan masyarakat Desa Wringinagung

Comments

Popular posts from this blog

AYO MERINTIS TAMAN BACA DI TENGAH MASYARAKAT

TAMAN BACA MEDAN PERJUANGAN

IDE MENGIRIM KARYA KE PAK JOKOWI