Fungsi taman baca sebagai tempat rekreasi

            Fungsi taman baca seakan sebagai tempat yang membosankan penuh tumpukan buku dan arsip-arsip yang sangat tebal serta lapuk yang membuat kita malas untuk datang berkunjung. Apalagi taman baca sekarang ini seperti sudah ketinggalan jaman, tersaingi oleh gadget dengan berbagai menu yang bisa kita atur sesuai dengan kemauan kita. Seakan kita yang mengatur informasi apa yang kita butuhkan langsung kita klik dan itu tersedia semuannya di dunia maya.

        Taman baca seakan menjadi tempat menjemukan karena kita harus membaca judul berlanjut ke daftar isi kemudian baru kita mulai menuju ke halaman demi halaman untuk mencari informasi yang kita butuhkan. Mungkin dari satu buku informasi yang kita butuhkan belum terlalu spesifik maka kita harus membaca buku yang lainnya kemudian kita baru bisa menyimpulkan dari keseluruhan materi yang kita baca.


        Alasan lain adalah butuh waktu yang cukup untuk mencari informasi di taman baca karena untuk menemukan sebuah informasi kita harus membaca sebuah atau beberapa buku agar mengahsilkan jawaban yang komplit. Jarak taman baca dengan rumah juga sering menjadi alasan orang untuk tidak berkunjung ke taman baca dan lebih memilih duduk di rumah sambil mencari informasi di dunia maya.

        Banyak alasan yang menjadikan seseorang enggan untuk berkunjung ke taman baca sebenarnya kurang tepat dan terkesan dibuat-buat serta berlebih-lebihan dalam memberi penilaian tentang kekurangan sebuah taman baca, sebaliknya masih banyak sisi baik dari keberadaan taman baca di sekitar kita, yang harus kita jadikan sebagai kelebihan-kelebihan untuk membuat kita berminat berkunjung ke taman baca dan mengajak orang di sekitar kita untuk datang ke taman baca.

        Tidak salah memang jika kita menggambarkan sebuah taman baca dengan kondisi yang demikian, tetapi jangan memvonis taman baca sebagai tempat yang membosankan atau tidak menyenangkan. Keberadaan taman baca yang demikian adalah karena kondisi pada masanya memang belum ada sarana dan prasarana yang serba teknologi informasi serba modern seperti sekarang ini. Keberadaan taman baca dengan kondisi yang sekarang tidak mengurangi fungsi dalam memberikan informasi. Informasi yang kita butuhkan tetap ada dan dapat diperoleh kapanpun kita perlukan.



        Banyak sekali manfaat yang akan kita peroleh setelah kita berkunjung ke taman baca yang nantinya akan menambah kecintaan kita kepada taman baca. Fungsi yang paling menonjol adalah kita dapat mengistirahatkan mata kita dari pengaruh gadget setidaknya selama kita membaca itulah gadget terlepas dari mata kita sehingga memberi kesempatan mata kita adem dan sejenak jauh dari efek radiasi panasnya gadget yang dipakai seharian bahkan sampai kita hendak tidurpun mata dan tangan kita masih tak lepas dari gadget. Itu adalah salah satu manfaat dari berkunjung ke taman baca, salah satu manfaat tetapi melindungi semua aset kita karena aset apapun dari dalam diri kita sangat dipengaruhi oleh mata kita, otak dan pikiran kita dalam bekerja juga sangat tergantung kepada fungsi mata kita. Jadi selamatkan dan lindungi seluruh asat diri kita dengan menyelamatkan aset utama kita yang berpengaruh besar terhadap seluruh aset enting kita yaitu mata.


        Taman baca memberikan informasi secara keseluruhan jelas, valid dan aman, walaupun membutuhkan waktu yang sedkit lama tetapi taman baca adalah pengendali seluruh aset penting kita dengan menyelamatkan mata kita sejak sekarang.

 

Comments

Popular posts from this blog

AYO MERINTIS TAMAN BACA DI TENGAH MASYARAKAT

TAMAN BACA MEDAN PERJUANGAN

IDE MENGIRIM KARYA KE PAK JOKOWI