TAMAN BACA CERDASKAN KITA

            Manfaat membaca di taman baca sangat tinggi sekali, tidak ada orang cerdas kalau dia tidak suka membaca, orang-orang pandai berbicara menjadi reporter, menjadi host atau menjadi hakim atau pengacara pastilah dia orang yang suka membaca. Kepandaian yang paling tampak dan banyak dikoreksi langsung oleh penontonnya adalah kepandaian berbicara baik sebagai pembaca berita, MC atau pemimpin kegiatan misal pemimpin upacara atau pemimpin-pemimpin apa saja yang selalu tampil di muka mereka selalu dikoreksi cara dan gaya bicaranya oleh penonton, jika salah sedikit saja langsung dikomentari habis-habisan. Apalagi di jaman media ini begitu seseorang tampil langsung muncul para netizen yang siyap jadi juri online yang selalu berkomentar sesuka hati mereka.

        Nah oleh karena itu seseorang yang ingin bekerja sebagai pablik figur atau tokoh yang selalu tampil maka harus mempersiapkan diri sebaik mungkin, perbanyak wawasan, perbanyak wawasan, perluas ide-ide kreatif, pertinggikan ilmu dan pengetahuan umum tentang berbagai ilmu sereta banyaklah mengetahui berbagai kejadian-kejadian umum yang banyak terjadi dalam masyarakat juga sangat perlu menjalin komunikasi yang sangat banyak dan sangat luas untuk meningkatkan kepandaian berbicara dengan cara sering berkomunikasi dengan orang lain baik tatapmuka langsung maupuan melalui media non tatapmuka untuk meningkatkan kelancaran pengetahuan berbahasa yang benar, lancar dan cepat.

    Sangat penting memperbanyak perbendaharaan kata di kepala kita dari bahasa baku sampai bahasa yang ringan yang sering digunakan masyarakat luas untuk berkomunikasi santai maupun formal. Karena perbendaharaan kata yang banyak akan menghindarkan seseorang ketika dalam kondisi terdesak yang terjadi tanpa direkayasa tiba-tiba ada kejadian atau tak terduga bercakap-cakap dengan tokoh dalam suatu wawancara kita tidak akan kehilangan point-point penting untuk melayani orang yang berpengetahuan lebih tinggi dari kita. 



        Ketika kita kehabisan bahan pembicaraan kita akan kelihatan sebagai orang yang bodoh karena hanya mendengarkan sambil bilang iya-iya kepada lawan bicara kita tanpa memberikan reaksi atau tanggapan yang berarti dan lawan bicara kita akan bisa menyimpulkan sedalam apa ilmu kita.

        Hal yang sealu terjadi dan harus kita sikapi dengan cepat dan tanggap adalah lawan bicara kita menanyakan sesuatu yang diluar bahan pembicaraan utama, saat itulah kita akan gelagapan jika kita tidak memiliki pengetahuan yang cukup. Kita juga akan menjadi orang yang sangat tidak menyenangkan ketika kita tidak bisa mengikuti pembicaraan teman-teman di komunitas kita, kita akan ditinggalkan oleh teman-teman karena kita tidak bisa mencairkan suasana saat bersama teman-teman karena kita hanya diam saja gak punya bahan pembicaraan karena otak kita kosong.



        Seakan sangat menakutkan kondisi-kondisi buruk diatas jika terjadi dalam hidup kita, kita akan ditinggalkan oleh teman-teman di sekitar kita dan yang paling memalukan adalah ketika kita tampil di publik terus diteriaki oleh penonton atau bahkan dilempari.

        Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tersebut tentu kita harus banyak membaca, itulah kunci utama yang harus kita lakukan yaitu perbanyak ilmu dengan membaca. Nah disinilah pentingnya peran sebuah taman baca untuk cerdaskan kita. 

        Jika kita membaca dari media gadget biasanya kita hanya akan membaca sepotong-sepotong bukan membaca secara keseluruhan, kita hanay mengambil point-point pentingnya saja. Ditaman bacalah kita akan mendapatkan pengetahuan yang kompleks karean untuk mendapatkan sebuah informasi kita harus membaca keseluruhan bahan baca sehingga tanpa kita sadari kita akan benyak mendapat pengetahuan baru yang nantinya akan sangat bermanfaaat buat kita dalam menghadapai berbagai kondisi dan situasi.

            Hanya di taman baca kita kan dapat mengatasi berbagai permasalahan diatas. Tidaka akan terjadi neurveous diatas panggung jika kita kaya bahasa dan kaya pengetahuan serta penguasaan emosional yang bagus. Dan kaya bahasa serta pengetahuan hanya bisa diperoleh dengan membaca-membaca di taman baca secara tersu menerus jangan bosan.

            Mari ramaikan kembali taman baca, ajak anak-anak kita untuk cinta membaca, dan jangan lupa untuk menyediakan pojok baca di dalam rumah kita sekecil apapun tidak masalah. Harus ada buku di dalam rumah kita demi masa depan anak-anak kita.


Comments

Popular posts from this blog

AYO MERINTIS TAMAN BACA DI TENGAH MASYARAKAT

TAMAN BACA MEDAN PERJUANGAN

IDE MENGIRIM KARYA KE PAK JOKOWI