SYARAT PENDIRIAN TAMAN BACA

            Taman baca ditengah derasnya arus meningkatnya kecanggihan teknologi seperti jarum ditumpukan jerami. Seperti seseorang ditengah keterasingan, sangat terpencil dan seperti di tengah-tengah padang rumput yang luas namun kita sendirian. Masih perlukah sekarang ini merintis atau mendirikan sebuah taman baca? Jawabannya masih sangat perlu dan harus kita utamakan. 
            Taman berati tempat orang berkumpul untuk bersenang-senang bercandaria dan bergurau untuk refleksikan pikiran. Nah taman baca tentu saja sebuah tempat untuk berkumpul, tidak terlalu formal tetapi di tempat itu kita bisa membaca apa saja untuk memperoleh masukan buat mengisi pikiran kita dengan hal-hal baru. Di taman baca kita bisa bertemu dengan banyak orang baik orang-orang yang baru kita kenal di tempat itu maupun teman yang kita ajak dari rumah. Di tempat itu kita bersama-sama dalam kondosi yang berbeda membaca apa saja yang tanpa kita sadari di tempat itu kita mendapatkan ilmu yang baru tapi tanpa kita paksakan ilmu tertentu yang harus kita baca karena formalitasnya kita memang bukan belajar secara formal tetapi berkumpul-kumpul santai. 


            Lalu bagaimana taman baca di tengah kecanggihan teknologi dewasa ini. Teknologi boleh terus berkembang pesat melaju seperti angin, tetapi jangan sampai teknologi membuat kita tertinggal jauh melesat meninggalkan kita. Teknologi harus kita gandeng erat sejalan dengan langkah kita untuk mendukung manusia dalam berbagai kepentingan dan kebutuhan. Teknologi jangan membuat manusia menjadi kesulitan untuk mengaksesnya tetapi harus bisa dipelajari meski untuk belajar itu tidak mudah atau cukup sulit. Teknologi jangan sampai membuang manusia atau mengesampingkan SDM manusia tetapi harus beriringan menjadi akses manusia untuk memajukan kehidupannya dan teknologi tidak boleh menggilas manusia yang pada bawalnya memang masih tertatih-tatih ketika suatu penemuan baru diluncurkan. Teknologi sebagai motor untuk menusia lebih termotivasi kemajuan demi kemajuan untuk kemakmuran dan kesejahteraan. 
          Lalu apa hubungannya taman baca dengan teknologi yang melesat tinggi, taman baca adalah sebuah taman baca yang mengharap penuh orang-orang untuk datang berkunjung mengakses informasi dan memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya. Maka taman baca harus didukung oleh berbagai fasilitas yang mendukung agar orang-orang tertarik datang, dengan fasilitas yang baik orang akan merasakan manfaat, kenyamanan dan informasi yang mudah diperoleh dengan manfaat yang tinggi. Fasilitas-fasilitas tersebut harus mendukung akses ke pengambilan, penggunaan dan pemanfaatan bahan baca agar perolehan informasi yang lebih baik yaitu cepat, tepat, akurat dan valid.
            Dalam berbagai penanganan sarana dan prasarana memang taman baca dalam kondisi yang seadanya dengan koleksi bahan baca yang manual serta kurang update. Oleh karena itu perlu bantuan dari berbagai pihak untuk memajukan sebuah taman baca dalam menyediakan informasi.


              Berbagai sarana sangat diperlukan agar para pengunjung rajin berkunjung. Bahan baca menjadi prioritas utama dalam sebuah taman baca yang harus ditunjang dengan saran teknologi baik dari perlengkapan baca, alat untuk mengakses dan lain sebagainya serta perlunya SDM manusia pengelola taman baca agar pelayanan dan pengelolaan menyenangkan, mudah dan cepat.
            Adapun bagi teman-teman yang berminat mendirikan taman baca ada beberapa syarat agar taman baca tersebut memiliki ijin operasional agar mempunyai legalitas dan keberadaanya diakui oleh pemerintah yaitu taman baca tersebut sudah berdiri sekitar dua tahun, mempunyai NPWP, surat pendirian lembaga dan sebaiknya memiliki rekening atas nama lembaga agar bisa digunakan untyuk mengajukan proposal bantuan.
             Dimasa yang akan datang semoga taman baca kembali menjadi tujuan utama orang-orang yang ingin memperoleh informasi tentu saja dengan sarana dan prasarana yang baik sejalan dengan pertuumbuhan teknologi yang tinggi
            

Comments

Popular posts from this blog

AYO MERINTIS TAMAN BACA DI TENGAH MASYARAKAT

TAMAN BACA MEDAN PERJUANGAN

IDE MENGIRIM KARYA KE PAK JOKOWI