TAMAN BACA MENJADI AJANG PENULISAN

            Taman baca tidak semata-mata sebagai tempat membaca dan bermain atau tempat koleksi bahan informasi saja. Buang anggapan yang seperti itu karena akan memperbesar niat dan minat kita untuk berkunjung ke taman baca. Awalnya kita harus meruntuhkan pendapat-pendapat miring tentang taman baca, menjadi tugas kita semua untuk menempilkan nilai-nilai posotis dari taman baca.

            Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari sebuah taman baca, banyak penulis besar, tokoh besar, politikus, cendekiawan dan tokoh-tokoh lainnya, besar dari sebuah tamn baca dengan koleksi-koleksi usang. Mereka pasti mempunyai kegemaran membaca dan selain di perpustakaan sekolah mereka pastinya mereka pasti membaca di taman baca walaupun waktu itu tempat membaca tersebut tidak atau belum menjadi sebuah taman baca tetapi yang penting adalah sebuah tempat dimana ada bahan yang bisa dibaca maka keadaan itu bisa kita sebut sebagai taman baca, dengan kualitas sederhana tergantung dari kondisi masing-masing.


            Para penulis tidak akan menjadi besar jika bukan karena hobinya membaca, ide dan gagasan penulis bisa muncul karena di dalam kepalanya banyak ide yang berasal dari bahan baca yang pernah dia baca. Bahan penulisan lainnya berasala dari situasi dan kondisi yang dialami langsung dalam kehidupan baik yang dialami sekarang atau dialami sebelumnya.

            Tak mudah untuk menulis butuh wawasan yang sangat luas untuk dituangkan ke dalam tulisan dan ketrampilan menulis yang bagus agar dapat mengolah kata dan kalimat menjadi untaian paragraf yang penuh arti dan mudah dimengerti pembaca. Jika tidak demikian maka rangkaian antar paragraf tidak akan menjadi cerita yang indah tetapi akan berdir sendiri sehingga tidak memberi arti apa-apa alias berantakan. Akibatnya membaca menjadi kebingungan untuk menangkap arti yang dimaksud penulis.






            Jadi tepat sekali untuk senang berkunjung ke taman baca jika kita menyenangi dunia penulisan karena di taman baca terdapat berbagai bahan penulisan dankita bisa berlatih menulis langsung dengan kondisi santai yang berati akan memudahkan munculnya ide dan gagasan untuk penulisan kita. Taman baca adalah kunci utama untuk para penulis bisa memperoleh berbagai bahan penulisan dan bisa memperoleh berbagai pertimbangan dari bahan bacaan lain yang dapat kita akses langung di taman baca dan ini berati akan menghemat waktu kita untuk mempnyelesaikan sebuah penulisan.

            Taman baca akan menjadi besar karena kita sendiri, mari kita ramaiakn kembali taman baca ke dalam fungsi besar yang sesungguhnya sebagai sumber informasi yang sesungguhnya. Kita mempunyai tanggungjawab untuk terus menghidupkan taman baca demi masa depan generasi kita generasi emas jangan sampai mereka tidak tahu sebuah taman baca dimasa sebelumnya karena kita lalai meramaikannya dan akhirnya tidak ada lagi.

            Taman baca mungkin tidak bisa kita kembalikan sepenuhnya sperti beberapa tahun lau yang sangat padat pengunjungnya tetapi kita bisa mengenalkannya kepada anak-cucu kita bahwa di taman bacalah orang-orang terdahulu mencapai jalan kesuksesan, semoga para generasi yang akan datang tetap bisa merasakan dan mengalami bagaimana sebuah taman baca yang sesungguhnya dengan berbagai bahan koleksi yang tersedia.

Comments

Popular posts from this blog

AYO MERINTIS TAMAN BACA DI TENGAH MASYARAKAT

TAMAN BACA MEDAN PERJUANGAN

IDE MENGIRIM KARYA KE PAK JOKOWI