ayo ke TAMAN BACA

            Ketika ada seorang anggota masyarakat yang mempunyai inisiatif mendirikan sebuah taman baca agar dapat digunakan untuk keprluana masyarakat umum, maka langkah orang tersebut harus kita apresiasikan sebagai langkah yang luar biasa karena hanya segelintir orang yang emmpunyai inisiatis seperti itu. Ini adalah sebuah langkah besar, walaupun peran nyantanya dan bentuk taman bacanya masih kecil . Tidak mempedulikan berapa jumlah buku yang disediakann atau berapa luas tempat yang disediakan untuk keperluan membaca tetap wajib harus kita berikan penghargaan yang luar biasa. Orang tersebut kemudian pasti akan mengajak anak-anak, orang-orang untuk datang ke taman baca yang ia dirikan. Dengan sukarela iapun selalu mempromosikan kesetiap orang akan keberadaan taman baca yang didirikannya tersebut. Sekali lagi langkah besar ini harus kita berikan kepada oarng yang demikian dan kitapun harus mendukung langkahnya dengan turut mengunjungi dan turut pula mempromosikan kepada teman-teman kita di luar sana.
            Kalau hanya diminta datang berkunjung lalu kita tidak pernah menghargai kerja kerasnya dengan datang berkunjung maka apalagi kita mendirikan taman baca sepeprti yang dialkukannya sedangkan untuk sekedar datang saja kita enggan. Kita seharusnya malu akan langkah besar tersebut dan bertanya apakah yang sudah kita lakukan untuk kepentingan masyarakat di sekitar kita. Jangan mengatasnamakan diri sendiri kita orang hebat sedangkan kita sendiri belum melakukan langkah apapun untuk kepentingan orang banyak.
            Kita seharusnya mengikuti langkah anggota masyarakat tersebut yang telah melakukan langkah besar untuk masyarakat. Kita bisa melakukan dengan sebuah langkah kecil lainnya sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan yang kita miliki. Tidak perlu meniru apa yang sudah dialkukan orang lain tetapi langkah orang lain harus menjadi motivasi kita bahwa kita bisa berbuat sesuatu yang bermanfaat buat masyarakat. Berlomba untuk saling membadalah langkah bagus, tidak apa-apa menjadikan orang lain sebagai barometer untuk memotivasi diri sendiri bahwa kita juga bisa. Peran kita tidak harus besar tetapi minimal kita pernah datang dan pernah juga menyampaikan keorang lain tentang keberadaan taman baca tersebutatau mengarahkan anak-anak kita dan orang-orang di sekitar kita untuk datang ke taman baca tersebut, bukan malah menginformasikan citra yang buruk tentang taman baca. Sungguh peran kita ditunggu oleh semua orang demi masyarakat yang cerdas dan pintar.

            Taman baca bisa didirikan oleh siapapun dan dimanapun dengan dimulai dari kondisi seadannya atau dengan kondisi serba lengkap tentu itu lebih baik. Hanya taman baca lembaga yang bisa didirikan oleh siapapun dengan perlengkapann awal yang seadannya, tidak harus komplit terlebnih dahulu tetapi langkah-demi langkah bisa dilakukan agar ke depan bisa lebih lengkap bisa dilakukan setahap demi setahap.
            Taman baca akan dapat melaksanakn perannya jika ada dukungan dari berbagai pihak, mulai dari dukungan materi berupa pendanaan serta dukungan moral untuk kemajuan taman baca. Hanya lembaga taman baca yang bisa didirikan bertahap-tahap tidak perlu menunggu sarana komplit untuk memulai peran sertanya dalam turut membnangun masyarakat.
            Berbagai manfaat nantinya dapat kitab rasakan setelah kita atau anak-anak kita sering datang ke taman baca. Berbagai pengetahuan umum yang mungkin belum didapat disekolah bisa di dapatkan di taman baca. Sedikit atau banyak ini akan turut membentuk karakter anak-anak kita kelak. 
            Pasti akan berbeda anak-anak yang berkembang dengan pengetahuan membaca yang cukup dengan akan-anak yang minim pengetahuan. Pengetahuan yang cukup akan terus membuka cakrawala dunia masa depan karena anak-anak yang demikian akan mempunyai rasa penasaran yang tginggi akan sesuatu hal dan dia akan terus mencari jawaban demi jawaban atas rasa penasarannya tersebut dan tidak akan berhenti membaca dan belajar untuk menjawab pertanyaanya tersebut.


            Jadi kita semua setiap anggota masyarakat harus mendukung keberadaan sebuah taman baca sesuai kemampuan kita masing-masing. Jika kita hanya mampu menyumbangkan pikiran dan kemampuan kita maka bangunlah citra yang baik-baik tentang keberadaan taman baca di sekitar kita sebagai sumbangsih kita atas pentingnya pendidikan luar sekolah di sekitar kita agar semua anggota masyarakat di luar sana merasa turut tertarik untuk datang memanfaatkan keberadaan taman baca. JIka kemampuan kita menyumbang materi maka bantulah pendirian tamann baca tersebut meski dengan satu buku atau satu papan pengumuman untuk informasi taman baca. 
            Maka seperti disampaikan di dalam UUD 1945 bahwa semua anggota masyarakat turut berperan aktif dalam meningkatkan pendidikan nasional akan dapat kita wujudkan dengan peran kita masing-masing, tidak harus menjadi guru di sekolah tetapi kita juga bisa menjadi metivator yang menggurui orang lain dengan keteladanan kita yang berperan aktif dalam masyarkat untuk keperluan meningkatkan berbagai kegiatan yang edukatif dengan memanfaatkan apa saja sarana dan prasarana di sekitar kita.

Comments

Popular posts from this blog

AYO MERINTIS TAMAN BACA DI TENGAH MASYARAKAT

TAMAN BACA MEDAN PERJUANGAN

IDE MENGIRIM KARYA KE PAK JOKOWI