MENSUPORT SUBARDI AGAR TETAP BERKARYA


MENSUPORT SUBARDI AGAR TETAP BERKARYA

            Kekecewaan dan harapan yang seakan pupus kami alami setiap kali memandang buku-buku kami masih numpuk di meja belum ada yang membeli atau memesan. Itulah mimpi, karya dan cita-cita kami yang masih terabaikan. Tumpukan harapan yang belum terwujud itu seakan sebuah beban berat yang menindih dalam dada dan  pikiran kami.
Tak terkecuali sang pemilik karya utama dalam buku ini, Subardi Slamet A berkali-kali menanyakan tentang bukunya. Saya beberapa kali menghiburnya dengan menceritakan bahwa memang begitulah sebuah karya berproses, baik karya seni, musik, dan karya-karya lainnya. Banyak karya yang pada awal kemunculannya tidak dihargai dan tidak mendapat tempat tetapi beberapa waktu kemudian muncul sebagai salah satu karya yang fenomenal.      
    https://tamanbacacerdas.blogspot.com/2017/11/kumpulan-100-puisi-karya-anak-tbm-cerdas.html
Justru karya yang muncul secara tiba-tiba dan spontanitas kadang-kadang seketika lenyap bagai tak berbekas karena cepat dilupakan. Mungkin karena karyanya muncul bersamaan dengan karya lainnya yang lebih baik atau karena karya tersebut hanya berupa karya singkat sehingga terkesan dibuat dalam waktu pendek dan biasa saja tanpa ciri yang sangat khusus.
Begitulah saya selalu menyemangati Subardi agar tetap berkarya meski saat ini karyanya belum mendapat tempat di hati masyarakat. Bagai seorang pendongeng saya berbicara dengan bahasa yang mudah dipahami agar Subardi mengerti maksud yang saya sampaikan.
Alhasil satu demi satu Subardi mulai mengumpulkan puisi lagi yang saya harapkan nantinya akan menjadi buku keduanya. Meski tak sebanyak dulu namun setidaknya jangan sampai Subardi ini mogok sama sekali sampai tidak mau membuat sama sekali satu puisipun karena ini akan menurunkan minat dan kecerdasannya.https://tamanbacacerdas.blogspot.com/2019/07/mengirim-karya-ke-trans-tv-untuk-dedy.html
 Tidak hanya orang-orang dewasa saja yang harus disuport, dalam keadaan belum menjadi apa-apa dan siapa-siapa siapapun sangat perlu didampingi dan dibesarkan hatinya untuk tetap semangat dan terus berkarya sebaik-baiknya agar kelak ketika karyanya mulai dikenal orang sudah banyak karya lain yang memang pantas di kenalkan kepada masyarakat.

Setelah nama seorang seniman, sastrawan atau tokoh lain mulai naik daun tentu banyak tuntutan dari masyarakat tentang karya terbarunya. Pada saat itulah karya yang diminta diharapkan sudah ada dan siap beredar.










Comments

Popular posts from this blog

AYO MERINTIS TAMAN BACA DI TENGAH MASYARAKAT

TAMAN BACA MEDAN PERJUANGAN

IDE MENGIRIM KARYA KE PAK JOKOWI